Rabu, Desember 12, 2007

P3K untuk Komputer Anda Jika LELET


Sering sekali permasalahan ini muncul dilingkungan kantor kita ataupun dirumah kita dalam hal komputer. Kita suka ngedumel padahal ini kan pentium 4 kok masih lelet. padahal baru setahun usia belinya.

Dalam kasus seperti ini perlu ada P3K (Pertolongan Pertama Pada Keleletan) Komputer. P3K ini merupakan tindakan yang dapat kita lakukan sebelum kita menelpon tukang service komputer atau dibawa ke tukang service. Sehingga dapat menghemat biaya.

P3K tersebut adalah :

P1 - Seberapa besar kapasitas hardis yang dimiliki oleh komputer kita. Kita tahu HardDisk merupakan penampungan dari apa yang telah kita olah di dalam komputer. Cara memeriksanya anda masuk ke Explorer. lalu pada partisi C: (didalam My Computer) Anda klik kanan, sehingga keluar menu, lalu pilih "Propertis" . Setelah pilih Propertis akan muncul kotak dialog, yang menjelaskan jumlah kapasitas hardis yang terpakai dan yang belum terpakai.














P2 - Periksa memori yang ada pada komputer kita, apakah telah sesuai dengan kebutuhan yang kita gunakan pada komputer kita ? Kita tahu memori merupakan tempat dimana data diolah di dalam komputer. Semakin besar memori berarti tempat pengolahan datanya semakin besar. Misal komputer kita memiliki memory 256 MB, tapi kita banyak menginstal program - program seperti games, atau program kecil lainnya namun banyak. Atau komputer kita memang khusus untuk pekerjaan administrasi yang tidak membutuhkan memori besar, namun prakteknya kita mendisain gambar grafis dengan komputer tersebut. Akibatnya komputer kita lelet. Cara memeriksa memori klik kanan pada My Computer lalu pilih propertis, maka akan keluar kotak dialog yang menjelaskan jumlah memori komputer kita.


P3
- Terakhir periksa kecepatan dan jenis prosesor komputer Anda, caranya sama dengan memeriksa memori. Pastikan kalau memang komputer Anda Pentium 4 atau jangan - jangan Celeron, atau setara, dsb. (Pelajarilah karakter setiap prosesor)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah bagus nih info P3K nya..makasih yah...