Jumat, Desember 07, 2007

Hasrat Untuk Berubah

Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal,
aku bermimpi ingin mengubah dunia.
Seiring dengan bertambahnya usia dan kearifan ku,
kudapati bahwa
dunia tak kunjung berubah

Maka cita - cita itupun agak kupersempit,
lalu kuputuskan untuk hanya merubah negeriku.
Namun tampaknya,
hasrat itupun tiada hasilnya.

Ketika usiaku semakin senja,
dengan semangatku yang tersisa,
kuputuskan untuk mengubah keluargaku,
orang - orang yang paling dekat denganku.
Tapi celakanya,
merekapun tidak mau diubah !

Dan kini,
sementara aku berbaring saat ajal menjelang,
tiba - tiba kusadari

"Andaikan yang pertama kuubah adalah
diriku

Maka dengan menjadikan diriku menjadi panutan,
mungkin aku bisa mengubah
keluargaku

Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka,
bisa jadi akupun mampu mengubah
negeriku

Kemudian siapa tahu,
aku bahkan bisa mengubah
dunia!"

(Terukir disebuah makam di Westminster, Inggris, 1100M)






Tidak ada komentar: